Ghost Resto Pilihan Bisnis Kuliner Masa Kini

Ghost Resto Pilihan Bisnis Kuliner Masa Kini

Bisnis kuliner memang menjadi bisnis seksi yang sangat menjanjikan. Kini trend bisnis kuliner pun semakin beragam, salah satunya adalah ghost restaurant atau ghost kicthen.

***

ISTILAH ini digunakan ketika ada yang menjual makanan, makanan yang dijual ada dan bisa dimakan serta ada juga yang dibeli. Tapi tidak ada tempatnya. Kalaupun ada tempatnya, lokasinya berada di gang sempit dan ukurannya pun kecil.

Namun dari segi penjualannya tidak kalah dengan restoran yang ada pinggir jalan raya. Terbukti ada banyak driver ojek online (ojol) yang mengantre lama menunggu orderannya diproses.

Intinya, ghost restaurant (ghost resto) adalah sebuah konsep restoran atau rumah makan yang lebih fokus pada delivery order daripada makan di tempat. Makanannya pun biasanya dibuat berdasarkan pesanan saja. Kemudian yang melakukan pengirimannya adalah dengan memanfaatkan jasa dari driver ojol.

Ghost resto ini muncul karena perubahan pola perilaku masyarakat perkotaan. Mereka lebih memilih tinggal di rumah atau di kantor daripada waktunya habis di jalan (kena macet) hanya untuk cari makan. Aplikasi ojek online memang bisa dikatakan sebagai faktor utama menjamurnya bisnis ghost resto ini.

Salah satu pelaku ghost resto ini adalah Putri Sesarani. Ibu dua anak yang akrab disapa Putri ini mengangap ghost resto menjadi konsep bisnis yang sangat menguntungkan.

Merupakan ibu rumah tangga yang memiliki dua anak balita, membuat waktu Putri tersita. \"Buat ibu rumah tangga seperti saya, dengan adanya aplikasi online ini, bisa memberikan kemudahan untuk tetap di rumah sambil mengurus anak dan sampingan membuka orderan,\" tuturnya.

Lanjutnya, dengan membuka pemesanan melalui aplikasi ojol ia bisa buka dan tutup sesuai dengan waktu yang dimilikinya. Berbeda jika memiliki kedai atau resto sendiri.

Ia juga menyesuaikan stok produknya, tak setiap hari harus memasak dalam jumlah banyak. Ia hanya menyetok bahan dan memasak saat orderan ada. \"Setiap hari masak biasanya, namun lebih sering nyetok dan memasak kalau ada order,\" terangnya.

Sebelumnya, Putri juga sempat memiliki kurir pribadi untuk mengirim orderan. Namun kini kurirnya sudah berhenti. Ia pun sempat beralih ke jasa pengiriman melalui ojol, dan untuk pembayaran dilakukan dengan transfer.

Namun kini agar lebih efektif sudah menggunakan layanan pesan antar di ojek online. \"Sekitar 1-2 tahun sudah pakai layanan ini, cukup membantu. Untuk orderan pun semakin meningkat,\" ungkapnya.

Saat ini ia menjual Abeja Pentol dengan harga mulai dari Rp18 ribuan. Ke depan ia pun akan terus fokus di bisnis ghost resto ini dan terus menambah varian menu baru.

Sama halnya dengan Putri, Wily Asih owner Healthy Breakfast pun lebih memilih memulai bisnis kuliner dengan konsep ghost resto. Memilih menghadirkan menu oat sehat dalam jar, menjadi pioner menu healthy yang ada di Cirebon.

\"\"

Wily Asih dan Healthy Breakfast
Foto: Dok Pribadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: